Kamis, 23 Agustus 2012

DAWET AYU BANJARNEGARA

 Dawet Ayu Banjarnegara



.Kabupaten Banjarnegara atau lebih dikenal dengan Mbanjar, oleh masyarakat yang berlogat Banyumasan adalah kabupaten yang cukup kaya akan makanan dan minuman khas. Salah satu minuman khas yang dimiliki oleh Banjarnegara adalah Dawet ayu. Sapa sing ora ngerti Dawet Ayu? Saya rasa kalau sekedar tahu mungkin sudah, tetapi kalau merasakan nikmatnya menyeruput Dawet Ayu Asli Banjarnegara teman-teman banyak yang belum pernah.  Minuman Dawet sekarang sudah bisa di jumpai di beberapa kota di seluruh Indonesia, akan tetapi untuk Dawet Ayu Banjarnegara hanya bisa dinikmati di Banjarnegara. Dawet ayu asli Mbanjar ini merupakan minuman yang isinya terdiri dari cendol, santan dan gula aren. Dari isinya memang terlihat sederhana, tetapi kalau sudah sampai rasa sangatlah nikmat.  Dawet ayu Banjarnegara memiliki cita rasa perpaduan cendol beraroma pandan.
 
Dawet ayu merupakan salah satu “maskot” andalan Kabupaten Banjarnegara, terbukti dengan adanya patung 2 orang penjual dawet.

Yang paling unik penjual Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara mengunakan gerobak yang di hiasi dua orang tokoh wayang yang sangat terkenal, yaitu Semar dan Garéng. Maksudnya adalah semar dan gareng akan membentuk kata “maréng” yang artinya adalah musim kemarau. Konon musim kemarau pada siang hari berhawa udara panas, makanya Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara menjadi jawaranya (Penghilang dahaga paling mantab).

kalau penasaran silahkan main ke banjarnegara dan mencicipi minuman khas tersebut..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar