Posted By AsepMelodic On 12 sept 2012.
Revolusi teknologi memang tiada habisnya. Dari gunung hingga laut, di tembus dan dilewati oleh manusia dengan berbagai macamcara.
Salah satunya adalah dengan membuat suatu jalur terowongan yang
menghubungkan daerah satu, dengan daerah lainnya. Di bawah ini, beberapa
terowongan sengaja dibuat dan diperuntukan bagi jalur kereta api cepat
yang memiliki panjang menakjubkan. Simak ulasan terowongan-terowongan
kereta api terpanjang berikut:
1. Terowongan Seikan Tonneru (Panjang 53,9 km)
Terowongan Seikan Tonneru atau Seikan Zuido
adalah terowongan rel sepanjang 53,85 kilometer di Jepang, yang mana
23,3 km-nya terbenam di bawah dasar laut. Seikan Tonneru melintas di
bawah Selat Tsugaru menghubungkan AomoriPrefecture
di pulau Honshu, Jepang dan pulau Hokkaido, sebagai bagian dari Kaikyo
Line, Perusahaan Kereta Api Hokkaido. Seikan adalah terowongan
terpanjang dan terdalam yang diperuntukan bagi operasional kereta api di
dunia, sampai Terowongan Gotthard Base di Swiss dibuka dan menjadi yang
terpanjang pada tahun 2016 nanti.
2. TerowonganChannel (Panjang 50 km)
TerowonganChannel
adalah sebuah terowongan rel sepanjang 50 km di bawah Selat Inggris
(tepatnya di Selat Dover) yang menghubungkan Cheriton, Kent, di Britania
Raya, dan Coquelles dekatCalais di utara
Perancis. Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa
kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994.Channel
merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia setelah Terowongan
Seikan di Jepang. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnel plc.
Chunnel dimana Chunnel adalah kependekan dariTheChannelTunnel.
3. Terowongan Lotschberg Base (Panjang 34,57 km)
Terowongan Lotschberg Base adalah terowongan
kereta api sepanjang 34,57 km yang memotong melalui Pegunungan Alpen
Swiss sekitar 400 m di bawah Terowongan Lotschberg yang sudah ada.
Terowongan ini menghubungkan antara Frutigen,Berne dan Raron,Valais.
Terobosan ini dilakukan pada April 2005 dan konstruksi berakhir pada
tahun 2006. Upacara pembukaan pada bulan Juni 2007, dan operasi skala
penuh dimulai pada bulan Desember 2007. Dibangun untuk mengurangi lalu
lintas truk di jalanan Swiss, Jerman hingga Itali. Hal ini juga
menghemat waktu perjalanan bagi wisatawan Jerman akan tujuan resor ski
di Swiss dan mengurangi waktu perjalanan sebesar 50%. Total biaya
pembangunan sebesar SFr 4,3 miliar. Terowongan ini dan Terowongan
Gotthard Base adalah bagian dari inisiatif AlpTransit Swiss.
4. Terowongan Guadarrama (Panjang 28,4 km)
Terowongan Guadarrama adalah terowongan
kereta api di Sierra de Guadarrama, rute kecepatan tinggi sepanjang
Madrid-Valladolid di Spanyol. Terowongan ini memiliki dua tabung. Tabung
barat panjangnya 28.407 m dan tabung timur panjangnya 28.418 m, dan
merupakan terowongan terpanjang di Spanyol Terowongan dibuka untuk lalu
lintas kereta pada bulan Desember 2007. Terowongan ini digunakan oleh
kereta api berkecepatan tinggi AVE.
5. Terowongan Taihang (Panjang 27,9 km)
Terowongan Taihang saat ini adalah
terowongan kereta api terpanjang yang menembus gunung di Cina. Taihang
adalah terowongan jalur ganda, dan dibangun untuk jalur Kereta Api
Penumpang Shitai menyeberangi Pegunungan Taihang. Jalur kiri memiliki
panjang 27.839 meter dan jalur kanan adalah 27.848 meter. Terowongan itu
selesai pada 22 Desember 2007. Taihang dilewati Kereta Api Penumpang
Shitai kecepatan tinggi yang menghubungkan Shijiazhuang, ibukota
provinsi Hebei, dan Taiyuan, ibukota provinsi Shanxi. Setelah pembukaan
Terowongan Taihang dan penyelesaian kereta api berkecepatan tinggi,
waktu perjalanan dengan dari Shijiazhuang ke Taiyuan turun dari enam jam
menjadi hanya satu jam. (**)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar